Captura de Cultura (CDC) merupakan nama sebuah tim yang dibentuk dari perlombaan Pekan Kreativitas Mahasiswa Kemendikbudristek pada tahun 2021. Anggota yang berasal dari Program Studi Ilmu Sejarah Universitas ini mempunyai visi yaitu ‘menangkap’ budaya di sekeliling yang dapat dikembangkan atau diorganisasi lebih sistematis. Kampung Tugu menjadi mitra pertama CDC dalam mengembangkan dan mengorganisasi kebudayaan dengan cara-cara yang menarik. Menurut mereka, Kampung Tugu memiliki potensi pengembangan wisata kebudayaan yang besar, terlihat dari sejarah mereka sendiri yang merupakan keturunan portugis  bekas mardijkers atau budak dari Portugis yang ada di Batavia kala itu yang menjadi bagian dari budaya betawi saat ini. Potensi lainnya juga terlihat dari kekayaan budayanya, Kampung Tugu hampir memiliki seluruh dari Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK), seperti musik keroncong tugu, adat istiadat rabo-rabo dan mandi-mandi, tarian, makanan, dan bahasa. Tentu hal ini merupakan potensi yang luar biasa.

Captura de Cultura beranggotakan 5 orang yaitu Muhammad Zahid Abdullah, Farrell Rafif Adli, Firda Salsabila, Nanda Salsabila, dan Octhiana Ayu Lestari, semuanya adalah mahasiswa/i Ilmu Sejarah Universitas Indonesia angkatan 2020. Tim ini sudah beberapa kali mengikuti ajang perlombaan bergengsi dari Kemendikbud dalam bidang kebudayaan, selain mengikuti Pekan Kreativitas Mahasiswa, mereka juga telah mengikuti Kemah Budaya Kaum Muda dan mendapat penghargaan Juara 3 bidang Aplikasi kebudayaan tingkat regional 2 (Lampung, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat).

Sesuai dengan visi dari CDC sendiri, mereka berharap agar kebudayaan dapat terus lestari dan melahirkan regenerasi yang peduli dengan kebudayaan. Oleh karena itu, CDC berinisiatif untuk membuat website kampoengtoegoe.com sebagai dedikasi kepada Kampung Tugu agar semua kegiatannya dapat terarsipkan dengan baik dan juga dapat diketahui masyarakat luas yang tentunya akan menciptakan efek domino yang positif terhadap Kampung Tugu itu sendiri. Website ini tentunya diharapkan menjadi sarana informasi Kampung Tugu yang akan berisi galeri kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Tugu, pemberdayaan UMKM yang ada di kampung Tugu, dan pengembangan informasi wisata di Kampung Tugu.

Tim Captura berterima kasih kepada Cici Lisa, Bung Arthur, Bung Andre, dan semua pihak terkait yang telah meluangkan waktunya dalam membimbing, memberi masukan, dan dukungan dalam pengembangan website kampoengtoegoe.com ini.

Salam,

Captura de Cultura